Posted in Ceritaku

Julid

Waw.. tema menulis kali ini tentang julid. Ya sekalian aja menceritakan unek-unek mendapat respons buruk. Tentu saja saya tidak akan menyetorkan tulisan ini sebagai tantangan menulis mingguan, karena saya tidak mau terpilih sebagai tulisan pilihan–padahal belum tentu terpilih wkwkwk.

Saya merasa jarang, sih, di-julid-in. Sebentar, saya ingat-ingat dulu. eh, ternyata pernah. Dulu, pas gendut hahahaha. Iya, dulu pas gendut saya sering dikatai dengan omongan yang menyakitkan gitu. eh, itu perundungan, gak sih? beda ya ama julid?.
Dulu, pernah juga pas saya belum lulus-lulus, bahkan memutuskan menikah sebelum resmi lulus pernah mendapatkan omongan yang gimana gitu. itu tuh bisa disebut julid juga gak, sih?.

Dari sedikitnya pengalaman saya mendapatkan respons buruk hingga menjadi korban julid, rasa-rasanya saya belum pernah dijulidin netizen yang tidak saya kenal. Mungkin karena gak kenal jadi gampang terlupakan hahaha. Seingat saya, yang men-julid-in saya itu adalah netizen yang saya kenal juga di kehidupan nyata bahkan dalam lingkaran terdekat saya. Makanya kayak membekas banget. tega banget sama saya hahaha.. TBL TBL TBL.. Saya sampai takut menulis cerita ntar di-julid-in lagi huuftt..

Kiriman status WhatsApp itu ditujukan buat saya. Ada tukang kompor yang memberi informasi ke saya bahwa status itu tentang saya. Padahal si tukang kompor ini gak perlu ngasih tahu saya, biarin aja saya gak tahu menahu lagi di-julid-in. Tapi ya, emang dasar karakternya tukang kompor, sukanya keributan, mengadu domba antar sesama, dikasih tahulah ke saya–biar saya kepancing gitu–biar saya jadi emosi, minimal terpancing bikin status balasan.

Saya gak kaget kalau ada kegaduhan karena tulisan saya–ini bukan kali pertama jadi gak kaget bakalan ada kegaduhan kedua, ketiga dst, sudah menebak pas menulis takarir di Instagram. Namun, saya tidak menyangka bakal se-enggak nyambung itu menyimpulkan tulisan saya.

Kalimat saya yang mana, sih, yang menyiratkan tidak menghormati ibu?
Kata keluarga ? emangnya keluarga saya cuma ibu saja? kenapa penafsiran tulisan saya hanya sebatas tidak menghormati ibu? kenapa gak sekalian tidak menghormati kedua orang tua?

Jawabannya cuma satu, prasangka buruk. Latar belakang keluarga saya yang berkonflik membuat penilaian mereka bias. Mereka pikir–dan akan selalu berpikir–tulisan saya mengarah kepada mama saya. Mereka tidak kepikiran–dan enggan berpikir, merenungi–apakah tulisan saya mengarah ke bapak saya, tante saya si a atau b atau c atau d. Mereka sudah kadung suuzon bahwa tulisan saya ada kaitan dengan mama saya.
Ya, intinya di mata mereka, saya dianggap anak yang tidak menyayangi mamanya lagi.

What the ****
Boleh misuh gak, sih?

Yaudah lah ya, terserah apa kata netizen aja. Selama gak ada yang bertanya secara langsung, saya tidak akan menjelaskan apapun. Ngapain juga repot-repot bikin forum bedah tulisan wkwkwk.

Ada sebuah quote:
Mereka yang mencintaimu tidak akan pernah mempertanyakanmu, mereka yang benci padamu, tidak akan pernah mempercayaimu.

Mereka adalah saudara saya, kami masih bersepupu, keluarga biologis lah intinya, tetapi mereka memprasangkai saya buruk begitu. Yaudah lah ya, cukup tahu saja.

Leave a comment